Popular Posts

Sunday, April 17, 2016

Makalah Analisis Produk Studi Kelayakan Bisnis


 Analisis Produk Studi Kelayakan Bisnis

NAMA PRODUK : TELA-TELA CERIA (franchise)
KOMODITAS PERTANIAN : UBI KAYU

PRODUK / JASA
Makanan nerupakan salah satu kebutuhan vital yang dibutuhkkan oleh manuisa. Makanan yang beredar di masyarakat memiliki cirri khas yang berbeda-beda. Salah satu makanan yang dipilih untuk dipasarkan ke masyarakat yang kami pilih adalah tela- tela.  Tela-tela adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan ubi kayu. Berikut adalah cara membuat tela-tela :
Bahan
1.      Ubi kayu
2.      Minyak sayur
3.      Bumbu tela-tela
Cara membuat
1.      Kupas ubi dari kulitnya, cuci bersih
2.      Rebus ubi kayu sampai agak lembek
3.      Potong kecil-kecil
4.      Goreng ubi yang sudah dipotong kecil-kecil
5.      Ambil toples, taburi bumbu tela-tela, tutup toplesnya, kocok sampai ubinya tercampur rata dengan bumbu.
6.      Siap disajikan
ANALISIS ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Bahan baku utama dari tela-tela ceria ini adalah ubi kayu yang mudah didapatkan. Selain itu juga untuk pesaing produksi saat kurang dibanding dulu pada waktu tela-tela masih menjadi inovasi baru sehingga mempermudah pemasaran karena ini merupakan usaha perorangan. Dalam memasarkan produk ini, kami mula-mula menjual kepada orang-orang terdekat kemudian kepada masyarakat. Jika masyarakat menyukai, kami akan membuka stand khusus serta menerima pesanan untuk acara-acara hajatan. Selain itu, jika memungkinkan, kami juga berniat memasarkan nya lewat internet dengan catatan bahwa omsetnya harus dengan skala sedang ke atas jika melalui internet.
PROSPEK BISNIS DAN PELUANG USAHA
Disamping harganya murah, tela-tela juga menjadi pilihan utama dalam cemilan atau sebagai pengganjal perut yang sedang lapar setelah beraktifitas. Selain itu, saat ini makanan yang di kenal dengan nama tela-tela ini sudah jarang di jumpai khususnya di lingkungan perkotaan, untuk itu kami memilih produk ini untuk dipasarkan kepada lapisan masyarakat karena dilihat pada saat ini banyak jajanan yang dijual namun untuk tela-tela masih jarang dilihat di pasaran. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis pembuatan jajanan tela-tela ini masih sangat besar peluang usahanya untuk dikembangkan menjadi jajanan yang disenangi oleh masyarakat dengan memperhatikan mutu yang tinggi, enak, lezat dan berharga murah.
PELUANG PASAR
Untuk penjualan jajanan tela-tela  ini lingkungan yang tepat ialah berada di dekat sekolah atau juga tempat yang ramai. Kalau dilihat dari segi alas an mengapa dipilih lingkungan dekat sekolah karena anak-anak dan remaja cenderung menyukai jajanan seperti tela-tela karena memiliki banyak rasa. Selain itu juga memilih tempat yang ramai karena peluang untuk masyarakat mencari jajanan itu lebih besar sehingga produk inipun dapat dipasarkan kepada konsumen.



0 comments:

Post a Comment