Popular Posts

Saturday, May 20, 2017

Makalah Hygiene

Menurut Gosh, hygiene adalah suatu ilmu kesehatan yang mencakup seluruh faktor yang membantu/mendorong adanya kehidupan yang sehat baik perorangan maupun melalui masyarakat.Hygiene adalah Usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia (Richard Sihite, 2000).

HYGIENE


Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara kebersihan individu. Misalnya mencuci tangan untuk melindungi kebersihan tangan, cuci piring untuk melindungi kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan” (Depkes 2000).
Menurut Streeth, J.A. and Southgate,H.A, (1986) Kata “hygiene” berasal dari bahasa Yunani yang artinya ilmu untuk membentuk dan menjaga kesehatan. Dalam sejarah Yunani, Hygiene berasal dari nama seorang Dewi yaitu Hygea (Dewi pencegah penyakit). Arti lain dari Hygiene ada beberapa yang intinya sama yaitu:
a)    Ilmu yang mengajarkan cara-cara untuk mempertahankan kesehatan jasmani, rohani dan sosial untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi.
b)    Suatu pencegahan penyakit yang menitikberatkan pada usaha kesehatan perseorangan atau manusia beserta lingkungan tempat orang tersebut berada.
c)    Keadaan dimana seseorang, makanan, tempat kerja atau peralatan aman (sehat) dan bebas pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri, serangga, atau binatang lainnya.
d)    Menurut Brownell, hygiene adalah bagaimana caranya orang memelihara dan melindungi kesehatan.
e)    Menurut Gosh, hygiene adalah suatu ilmu kesehatan yang mencakup seluruh faktor yang membantu/mendorong adanya kehidupan yang sehat baik perorangan maupun melalui masyarakat.
Hygiene adalah Usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia (Richard Sihite, 2000).
Personal hygiene adalah perawatan diri dimana individu mempertahankan kesehatannya, dan di pengaruhi oleh nilai serta keterampilan. Menurut Mosby bahwa :“kebersihan seseorang adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dasar kesehatan seseorang untuk kesehatan fisik dan kesehatan psikis” (dalam Prista 2007:3).
Macam-macam personal hygiene :
a)     Perawatan kulit kepala dan rambut.
b)     Perawatan mata.
c)      Perawatan hidung.
d)      Perawatan telinga.
e)      Perawatan kuku tangan dan kuku kaki.
f)       Perawatan genetalia.
g)     Perawatan kulit seluruh tubuh.
h)     Kebiasaan buang air besar di jamban.
i)       Kebiasaan minum air yang sudah di masak.
Masalah hygiene tidak dapat dipisahkan dari masalah sanitasi, dan pada kegiatan pengolahan makanan masalah sanitasi dan hygiene dilaksanakan bersama-sama.Kebiasaan hidup bersih, bekerja bersih sangat membantu dalam mengolah makanan yang bersih pula (Richard Sihite, 2000).
                        Ruang lingkup hygiene meliputi:
a)     Hygiene perorangan
b)     Hygiene makanan dan minuman.
Bacaan :
Depkes RI. 1999. Rencana Pembangunan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010, Jakarta.
Depkes RI. 2003. Pedoman Penyakit Tuberkulosis dan Penanggulangannya. Ditjen PPM & PLP Depkes RI. Jaakarta.
Depkes RI. 2003. Keptusan Mentri Kesehatan RI Nomor 1098/MENKES/SK/VIII/2003 Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan Dan Restoran. Jakarta.
Depkes RI. 2004. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 128/MENKES/SK/II/2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Dinas Kesehatan Kota Makassar.2014 Profil Dinkes Kota Makassar Sulawesi Selatan.

0 comments:

Post a Comment