Popular Posts

Monday, May 9, 2016

Makalah Definisi Sosiologi

1.       Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari: Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, dsb. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial (misalnya dengan gejala geografis, biologis, dsb). contohnya: pelacuran merupakan bentuk pelanggaran norma susila dan norma agama. orang melacurkan diri karena beberapa sebab. Secara kejiwaan, orang yang melacurkan diri mungkin memiliki latar belakang
masa kanak-kanak yang tidak cukup kasih sayang. Secara ekonomi, mungkin mereka terjepit oleh kebutuhan hidup, sementara tidak memiliki mata pencaharian lain yang lebih baik. Adapun secara sosial,mungkin mereka dikecewakan oleh suami atau keluarganya. Selain melanggar kesusilaan dan ajaran agama, pelacuran juga menyebabkan penularan penyakit kelamin dan Syndrome yang sangat membahayakan. penyakit kelamin dapat menyebabkan kerusakan fungsi reproduksi, dan penyakit menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh
2.       Modal sosial adalah bagian-bagian dari organisasi sosial seperti kepercayaan, norma dan jaringan yang dapat meningkatkan efisiensi masyarakat dengan memfasilitasi tindakan-tindakan yang terkoordinasi. Modal sosial juga didefinisikan sebagai kapabilitas yang muncul dari kepercayaan umum di dalam sebuah masyarakat atau bagian-bagian tertentu dari masyarakat tersebut. Selain itu, konsep ini juga diartikan sebagai serangkaian nilai atau norma informal yang dimiliki bersama di antara para anggota suatu kelompok yang memungkinkan terjalinnya kerjasama. UNSUR-UNSUR MODAL SOSIAL:
            1.Receprocity
            2.Participation in a network
            3.Trust
            4.Social norms
            5.Values
3.       KELEMBAGAAN ADALAH suatu himpunan atau tatanan norma
    norma dan tingkah laku yang bisaberlaku dalam suatu
    periode tertentu untuk melayani tujuan kolektif yang akanmenjadi nilai bersama

4.   Kelompok tani adalah beberapa orang petani atau peternak yang menghimpun diri dalam suatu kelompok karena memiliki keserasian dalam tujuan, motif, dan minat. Kelompok tani dibentuk berdasarkan surat keputusan dan dibentuk dengan tujuan sebagai wadah komunikasi antarpetani. fungsi: Kelas belajar,Wahana kerja sama,unit produksi

5.  Penyuluhan adalah turunan dari kata exstension yang dipakai secara luas dan umum dalam bahasa Indonesia penyuluhan berasal dari kata dasar suluh yang berarti pemberi terang ditengah kegelapan.
Fungsi:           
            1 memfasilitasi proses pemberdayaan pelaku utama dan pelaku usaha,
            2          mengupayakan kemudahan akses pelaku utama dan pelaku usaha ke sumber informasi, teknologi, dan sumberdaya lainnya agar mereka dapat mengembangkan usahanya, 
            3          meningkatkan kemampuan kepemimpinan, manajerial, dan kewirausahaan pelaku utama dan pelaku usaha, 

6. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

7. Stratifikasi sosial adalah pengelompokan anggota masyarakat kedalam lapisan-lapisan sosial secara bertingkat. Atau definisi stratifikasi sosial yaitu merupakan suatu pengelompokan anggota masyarakat berdasarkan status yang dimillikinya.

8.Hubungan sosial: suatu kegiatan yang menghubungkan kepentingan antarindividu, individu dengan kelompok atau antar kelompok yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat menciptakan rasa saling pengertian dan kerja sama yang cukup tinggi, keakraban, keramahan, serta menunjang tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.
interaksi sosial: hubungan timbal balik(sosial) berupa aksi saling mempengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

9.











10.







11. Organisasi. Secara umum organisasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk formal sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing yang bekerja sama dalam satu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama.
Kelompok.
Kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan sering berinteraksi. Sehingga lama kelamaan dapat mengakibatkan tumbuhnya suatu perasaan bersama.

12.  Kelembagaan adalah Suatu jaringan yang terdiri dari sejumlah orang dan lembaga untuk tujuan tertentu, memiliki aturan dan norma, serta memiliki struktur.

lembaga merupakan pola perilaku yang selalu berulang bersifat kokoh dan dihargai oleh masyarakat.

13.  Lembaga
Arti lembaga menurut Macmillan merupakan sebuah perangkat yang menghubungkan berbagai nilai, keyakinan dan norma terpusat pada kebutuhan sosial, beragam tindakan penting serta berulang. Sementara pada buku Ensiklopedia Sosiologi, Adelman & Thomas mendefinisikan lembaga sebagai sejenis bentuk interaksi manusia dalam tiga tingkatan yakni nilai kultural, hukum/peraturan dan pengaturan bersifat kontraktual.



Organisasi

Arti organisasi menurut Peter M. Blau & W. Richard Scott merupakan suatu wadah memiliki tujuan dan bersifat formal dilengkapi administrasi staf yang bertanggung jawab serta mengkoordinasi kegiatan para anggota. Sedangkan arti organisasi menurut S.B. Hari Lubis & Martani Huseini merupakan suatu bentuk satu kesatuan dari kelompok manusia yang berinteraksi pada pola tertentu dan memiliki batasan yang jelas dimana setiap anggota memiliki tugas demi mencapai tujuan.

0 comments:

Post a Comment