Popular Posts

Thursday, October 13, 2016

Laporan Praktikum Kesegaran Susu (I)


Latar Belakang
            Susu merupakan salah satu pangan asal ternak yang memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti protein, lemak, mineral dan beberapa vitamin. Kandungan protein, glukosa, lipida, mineral dan vitamin yang cukup tinggi maka bakteri mudah tumbuh dan berkembang. Tingginya jumlah bakteri dalam susu segar dapat menyebabkan rendahnya kualitas dari susu olahan (Suwitno dan Andriani, 2012).
            Berbagai jenis mikroorganisme dapat mengkontaminasi susu sehingga menimbulkan berbagai perubahan pada susu, baik secara fisik, kimia maupun biologis. Perubahan-perubahan pada susu, baik secara makroskopis dan secara mikroskopis sangat bervariasi tergantung pada reaksi kimia yang terjadi di dalam susu. Pada umumnya reaksi kimia di dalam susu akan lebih intensif jika sudah terjadi kontaminasi mikroorganisme ke dalam susu, yang kemudian akan diikuti oleh kerusakan susu (Aritonang, 2010).
            Pengujian kualitas susu menjadi aspek vital dalam memperoleh bahan baku komoditi susu yang memiliki kualitas yang sesuai dengan standar keperluan pengolahan. Pengujian yang dilakukan salah satunya adalah uji organoleptik, uji keasamaan, dan uji metilen biru (Wardana, 2012).
            Susu perlu mendapatkan penanganan yang cepat sebelum rusak, antara lain melalui pasteurisasi. Pasteurisasi adalah pemanasan susu dengan suhu dan waktu tertentu. Pemanasan pada suhu pasteurisasi dimaksudkan untuk membunuh sebagian kuman patogenik yang ada dalam susu (Abubakar, dkk., 2001). Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah percobaan penetapan kesegaran susu untuk mengetahui pengaruh pemanasan dan penambahan formaldehid pada kesegaran susu.
Maksud Percobaan
Maksud dari percobaan ini adalah mempelajari dan mengetahui cara penetapan kesegaran susu dengan menggunakan uji metilen biru sebagai indikator.
Tujuan Percobaan
   Tujuan dari percobaan ini, yaitu:
1.      Menentukan pengaruh pemanasan terhadap kesegaran susu.
2.      Menentukan pengaruh penambahan formaldehid terhadap kesegaran susu.

 Prinsip Percobaan
   Penetapan kesegaran susu berdasarkan enzim Schradinger yang terdapat dalam susu yang mengkatalisis oksidasi formaldehid menjadi asam-asam dalam suasana anaerob yang terlihat dari perubahan warna dari biru karena penambahan metilen biru sehingga menjadi warna putih.


0 comments:

Post a Comment